Cara Mudah Membuat Latar Belakang Masalah Proposal Skripsi

Cara Mudah Membuat Latar Belakang Masalah Proposal Skripsi

Assalamu'alaikum wr. wb
Saya yakin banyak diantara teman-teman yang sekarang tengah menempuh semester akhir merasa bimbang, bingung dan stress berlebihan karena dituntut untuk segera menyelesaikan skripsi, namun masih belum paham betul mengenai cara membuat latar belakang masalah proposal skripsi yang baik dan benar. Padahal latar belakang masalah pada proposal skripsi merupakan langkah paling awal dan utama untuk memulai membuat skripsi. Jadi, semoga tulisan saya sedikitnya bisa membantu teman-teman untuk memahami cara membuat latar belakang masalah pada proposal skripsi. Mari bersama-sama budayakan membaca..

Yang harus diketahui bahwa latar belakang masalah menguraikan hasil identifikasi masalah yang akan diteliti atau uraian tentang "masalah dalam penelitian".

Penyusunan latar belakang masalah dimulai dari penjelasan masalah yang bersifat umum, dilanjutkan dengan permasalahan yang sangat khusus. Misalnya mengenai ketidakefektifan pembelajaran sejarah, permasalahan bisa dimulai dari fenomena yang terjadi di tingkat nasional, provinsi, baru setelah itu mengacu pada permasalahan dalam proses pembelajaran.

Di dalam latar belakang masalah dikemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, baik kesenjangan teoritis maupun kesenjangan praktis. Jika kita berasal dari fakultas pendidikan, maka jangan lupa untuk mencantumkan Undang-undang tentang pendidikan. Sehingga dari aturan yg ada dalam UU tersebut dapat kita hubungkan dengan prakteknya di lapangan (proses KBM), apakah telah sesuai dengan tujuan pendidikan dalam UU atau belum. Secara sistematis ada yg menempatkan UU di paragraf pertama, namun ada juga yg menuliskan di paragraf kedua. Penulisan tersebut diesuaikan dengan pedoman penulisan skripsi di setiap perguruan tinggi.

Selanjutnya, di dalam latar belakang masalah dipaparkan secara ringkas mengenai teori, hasil-hasil penelitian terdahulu, kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman atau pengamatan peneliti yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. dengan demikian, masalah yang dipilih mendapat landasan yang lebih kokoh.

Latar belakang masalah juga berisi pemaparan atau deskripsi permasalahan yang terjadi. Biasanya para peneliti mengemukakan fakta yang seharusnya terjadi dengan fakta yang ada di lapangan, sehingga tampak dengan jelas adanya kesenjangan atau permasalahan yang menuntut untuk segera diatasi. Tidak lupa, permasalaham yang diangkat harus ditunjukkan bukti-bukti empirisnya.

Bagian ini juga harus dikemukakan mengenai ide orisinil peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu ide tersebut harus didukung dengan argumentasi dan berlandaskan pada teori yang relevan. Satu hal yang perlu diingat, bahwa bagian ini haris langsung menukik pada fokus permasalahan, sehingga tidak terkesan bertele-tele.

Itulah sekilas mengenai cara membuat latar belakang masalah pada proposal penelitian, semoga bisa membantu teman-teman yang tengah menempuh semester akhir dan butuh pencerahan mengenai cara membuat latar belakang masalah.

Berpikir positiflah dengan diseimbangkan usaha dan doa. Good luck for us!! Don't overthink. Just do and believe in your capability.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Pluralitas Masyarakat Indonesia

Makalah Penelitian Fenomenologis dan Historis

Makalah Pengaduan, Perlindungan Hukum dan Penghargaan (Pendidikan Anti Korupsi)